ALT/TEXT GAMBAR

Sejarah Internet | Mengenal Sejarah Internet

Sejarah Internet | Jaringan mulai dibangun pada kisaran tahun 60an dan 70an, dimana mulai banyak penelitian tentang paket-switching, collision-detection pada jaringan lokal, hirarki jaringan dan teknik komunikasi lainnya.

Semakin banyak yang mengembangkan jaringan, tapi hal ini mengakibatkan semakin banyak perbedaan dan membuat jaringan harus berdiri sendiri tidak bisa dihubungkan antar tipe jaringan yang berbeda. Sehingga untuk menggabungkan jaringan dari group yang berbeda tidak bisa terjadi. Terjadi banyak perbedaan dari interface, aplikasi dan protokol.

Situasi perbedaan ini mulai di teliti pada tahun 70an oleh group peneliti Amerika dari Defence Advanced Research Project Agency (DARPA). Mereka meneliti tentang internetworking, selain itu ada organisasi lain yang juga bergabung seperti ITU-T (dengan nama CCITT) dan ISO. Tujuan dari penelitian tersebut membuat suatu protokol, sehingga aplikasi yang berbeda dapat berjalan walaupun pada sistem yang berbeda.

Group resmi yang meneliti disebut ARPANET network research group, dimana telah melakukan meeting pada oktober 1971. Kemudian DARPA melanjukan penelitiannya tentang host-to-host protocol dengan menggunakan TCP/IP, sekitar tahun 1978. Implementasi awal internet pada tahun 1980, dimana ARPANET menggunakan TCP/IP. Pada tahun 1983, DARPA memutuskan agar semua komputer terkoneksi ke ARPANET menggunakan TCP/IP.

DARPA mengontak Bolt, Beranek, and Newman (BBN) untuk membangun TCP/IP untuk Berkeley UNIX di University of California di Berkeley, untuk mendistribusikan kode sumber bersama dengan sistem operasi Berkeley Software Development (BSD), pada tahun 1983 (4.2BSD). Mulai saat itu, TCP/IP menjadi terkenal di seluruh universitas dan badan penelitian dan menjadi protokol standar untuk komunikasi.

Nah itulah postinga saya kali ini tentang Sejarah Internet. Semoga bermanfaat.
Sejarah Internet | Mengenal Sejarah Internet 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Sejarah Internet | Mengenal Sejarah Internet' On ...

Ditulis oleh: MAN_3 - Saturday, July 13, 2013

2 komentar untuk "Sejarah Internet | Mengenal Sejarah Internet"

  1. Saya hanya bisa menggunakannya saja bang, tetapi tidak tahu asal usulnya.
    untung ada disini, sehingga saya sedikit lebih paham
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan,.. dulu saya juga g paham sama sekli gan,.. kita saling share aja gan demi kemajuan dan saling berbagi ilmu,... terimaksih atas kunjungan dan komennya gan,...

      Delete